twitter


Lintasan bola yang dilempar miring dengan sudut tertentu dinamakan gerak parabola atau gerak peluru. Coba perhatikan Gambar
Jika bola dilemparkan dengan kecepatan v0 dan sudut elevasi a maka kecepatannya dapat diproyeksikan ke arah mendatar (sumbu X) dan arah vertikal (sumbu Y). Persamaannya seperti di bawah.


Pada arah sumbu X (horisontal) v0x tidak dipengaruhi oleh percepatan sehingga terjadi gerak lurus beraturan (GLB). Sehingga berlaku hubungan berikut.

Pada arah sumbu Y (vertikal), v0y akan dipengaruhi percepatan gravitasi yang arahnya ke bawah dan besarnya g = 10 m/s2. Sehingga pada arah ini terjadi gerak lurus berubah beraturan (GLBB) diperlambat. Perumusannya berlaku persamaan berikut.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa gerak parabola terjadi karena perpaduan gerak GLB dan GLBB yang saling tegak lurus.
Contoh soal:
Bola dilemparkan dengan kecepatan awal 25 m/s dari tanah dan sudut elevasinya 37° (sin 37° = 0,6). Percepatan gravitasi g = 10 m/s2. Tentukan:
a. kecepatan bola pada 1 sekon pertama,
b. posisi bola pada 2 sekon pertama!
Penyelesaian :
Titik Tertinggi dan Terjauh

a. Titik tertinggi
Jika dilihat kembali Gambar
maka dapat diketahui bahwa titik tertinggi terjadi di titik B. Apakah sifat-sifat yang perlu kalian ketahui? Kalian tentu bisa melihatnya. Di titik B kecepatannya hanya pada arah horisontal saja sehingga persamaan berikut.

Dari nilai vy dapat ditentukan waktu sampai di titik puncak.

Substitusikan nilai tm di atas pada persamaan ketinggian yaitu dari persamaan

Sehingga diperoleh:

Jadi tinggi maksimum yang dicapai pada gerak parabola memenuhi persamaan berikut.


b. Titik terjauh
Pada Gambar
titik terjauh terjadi pada titik C. Pada titik tersebut y = 0 berarti dapat diperoleh waktunya sebagai berikut.

Jangkauan terjauh yang dicapai benda sebesar R. Nilai R dapat ditentukan dengan substitusi t pada persamaan

Contoh soal:
Sebutir peluru ditembakkan dari senapan dengan kecepatan awal 100 m/s. Sudut elevasi saat itu sebesar 15° (sin 15° = 0,26). Hitunglah tinggi maksimum dan jangkauan terjauh yang dapat dicapai peluru!
Penyelesaian :


sumber : bse fisika

1 komentar:

  1. thx bermanfaat bgt

Posting Komentar